Friday, March 11, 2011

Tsunami Jepang, Korban Melebihi Seribu Orang

MIYAGI – JEPANG (Pos Kota) – Setidaknya 573 dikonfirmasikan tewas setelah salah satu gempa bumi terkuat yang pernah tercatat melanda Jepang, memicu tsunami setinggi 10 meter yang menghancurkan bangunan sepanjang garis pantai bagian timur laut negara itu.

Selain itu, gempa dan tsunami juga memicu keadaan darurat di dua pembangkit listrik tenaga nuklir negeri matahari terbit ini.

Media-media lokal melaporkan,  Sabtu,  jumlah korban tewas diperkirakan akan melebihi 1.000 orang, yang sebagian besar tampaknya telah tenggelam oleh pusaran air .

“Kerusakan itu begitu besar bahwa itu akan membawa kita banyak waktu untuk mengumpulkan data,” kata seorang pejabat di lembaga kepolisian nasional.



Dinding yang menjulang tinggi dihantam air laut dari gempa berkekuatan 8,9, di timur laut kota Sendai, di mana polisi pada hari Jumat melaporkan  setidaknya ada 200-300 mayat di sepanjang pantai.

Gelombang air hitam menggelontor truk-truk kontainer, mobil dan menabrak puing-puing melalui jalan-jalan di Sendai dan di lahan pertanian terbuka, sedangkan gelombang pasang lumpur dipenuhi puing-menghancurkan segala benda yang dilewatinya.

Kesennuma, sebuah kota di Jepang timur laut dengan populasi 74.000, dilaporkan menjadi korban kebakaran yang luasnya sepertiga kota,  demikian Kantor Berita Jiji .

WASPADAI RADIASI
Kepada Al Jazeera, kantor matereologi Jepang menyatakan, pemerintah bergegas mencegah kecelakaan nuklir di dua pabrik atom dimana sistem pendingin reaktor gagal diaktifkan, dan karenanya puluhan ribu warganya  dievakuasi .

Radiasi 1.000 kali di atas normal terdeteksi di ruang kontrol berisi tanaman, meskipun pihak berwenang mengatakan tingkat di luar gerbang fasilitas itu hanya delapan kali di atas normal, dengan ejaan peringatan “Tidak Berbahaya bagi Kesehatan “.

Dua PLTN terkena adalah Fukushima No 1 dan No 2 , keduanya terletak sekitar 250 Km arah  timur laut kota dari ibukota Tokyo.

Sebanyak 45.000 orang yang tinggal dalam radius 10 Km dari reaktor PLTN diperintahkan untuk mengungsi.
Perdana Menteri Jepang Naoto Kan awal Sabtu (12/3) tadi pagi ini naik helikopter untuk meinjau  Fukushima meninjau pabrik yang dioperasikan oleh Tokyo Electric Power, dan di daerah lain di zona bencana.

Ketika gempa besar melanda Jumat, mesin pendingin di PLTN anjok. Ketika menutup reaktor, sistem pendingin harus menurunkan suhu yang sangat tinggi. Sistem ini didukung baik oleh jaringan listrik eksternal, generator cadangan atau baterai.

Ini adalah kunci untuk mencegah “krisis nuklir” dan melepaskan radioaktif.  Jaringan PLTN Jepang yang maju dirancang untuk menutup segera setelah bumi bergetar di salah satu negara di dunia yang paling rawan gempa, meskipun kebakaran terjadi di gedung lain, yakni  turbin pembangkit nuklir di Onagawa.

DUNIA MEMBANTU
Lebih dari delapan juta rumah hancur, sistem telepon seluler dan darat mogok bagi dan kini lebih dari 300.000 rumah tak mendapat pasokan gas, yang berarti banyak orang tidak bisa menghangatkan rumah mereka pada malam gelap dingin dan menakutkan.

Militer Jepang  teah memobilisasi ribuan tentara, 300 pesawat dan 40 kapal untuk memberikan bantuan kepada para korban.

Sebuah armada 20 kapal angkatan laut dan kendaraan air lainnya menuju daerah pantai hancur Pasifik pulau Honshu, sementara jet angkatan udara terbang untuk misi pemantauan .

Sebanyak 50 negara di seantero dunia menawarkan bantuan kepada Jepang. Australia berjanji untukmemberikan   “apa saja” untuk membantu Jepang.

China mengatakan tim penyelamat siap untuk membantu dengan bantuan gempa, sementara Presiden Barack Obama menyatakan, AS memberikan segala bantuan darurat yang dibutuhkan, atas bencana yang digambarkannya  sebagai “menyedihkan.”

Amerika Serikat, yang memiliki hampir 40.000 personil militer di Jepang, telah memerintahkan armada termasuk dua kapal induk dan kapal dukungan kepada daerah untuk memberikan bantuan korban tsunami.
Gelombang menjulang bermula dari pringatan di Pasifik, yang memicu evakuasi di Hawaii dan Pantai Barat Amerika Serikat, dan menghancurkan setidaknya satu pelabuhan di California.

Di Negeri Chile mengatakan pemerintahnya sempat mengevakuasi wilayah pesisir dan perusahaan minyak negara Ekuador mengumumkan telah menghentikan ekspor minyak mentah karena risiko yang ditimbulkan oleh tsunami.

Lebih dari 300 rumah hancur di kota terpencil Ofunato dan bendungan pecah di timur laut prefektur Fukushima, dengan rumah-rumah hanyut.

Di Tokyo, karyawan kantor yang terdampar di kota setelah gempa memaksa sistem kereta bawah tanah untuk tutup lebih awal dan tidur bersama tunawisma di salah satu stasiun.

Para pria kantoran dengan setelan kerjanya berbaring di atas koran, menggunakan tas mereka sebagai bantal. Kyodo mengatakan sedikitnya 116.000 orang di Tokyo tidak mampu untuk pulang pada hari Jumat karena gangguan transportasi.

Ada gangguan besar ke udara dan jasa perjalanan kereta peluru Jepang (Shinkansen). Sebuah kereta penumpang dengan jumlah yang tidak diketahui sampai saat ini belum ditemukan di saluran luar Sendai, kantor berita Kyodo News melaporkan.

Gempa, yang menghantam pada 05:46 GMT dan berlangsung sekitar dua menit, mengguncang bangunan di Tokyo dan daerah perkotaan sekitarnya dan disebut sebagai bencana terbesar di dunia bagi wilayah yang dihuni sekitar 30 juta orang. Gempa itu dirasakan di Beijing, yang berjarak 2.500 km jauhnya.

Gempa pertama terjadi hanya kurang dari 400 km timur laut Tokyo, kata Survei Geologi Amerika Serikat. Hal ini diikuti oleh lebih dari 70 gempa susulan kuat, salahsatunya  sekuat 7.1 SR.

Jepang berada di cincin api Pasifik atau  Pacific Ring of Fire dan Tokyo adalah di salah satu daerah yang paling berbahaya, dimana tiga lempeng kontinental perlahan menggesek satu sama lain, menimbulkan tekanan gempa besar.

Pemerintah telah memperingatkan dari 70 persen kemungkinan bahwa gempa berkekuatan 8 SR akan menyerang dalam 30 tahun berikutnya di dataran Kanto, rumah yang luas di kawasan urban Tokyo.

Informasi Lainnya :



No comments:

Post a Comment