Saturday, April 2, 2011

Aromatherapy Unik Penghilang Stress

KEGIATAN menghilangkan penat dengan wewangian aromatik alami, hingga memburu produk kerajinan hand made, semuanya ada di pameran UKM di JCC, Jakarta, kemarin (20/3). Khusus untuk produk kecantikan untuk spa itu, banyak di antaranya yang ternyata didatangkan dari Jogyakarta dan Bali.

Produk layanan dari Viko Koleksi aromatik contohnya. Terapi ini menyajikan aromatherapy untuk relaksasi, menghilangkan stres, serta perawatan tubuh. Olahan ekstrak herbal dan aplikasinya untuk relaksasi atau perawatan tubuh, dapat dengan mudah dilakukan setiap saat.

"Hanya untuk menghilangkan stres, orang biasanya menghabiskan berjam-jam di salon. Kini perawatan juga bisa dilakukan sendiri di rumah," ungkap Grace Monica, salah satu pengunjung pameran itu.

Kemasan perlengkapan aromatherapy ini sendiri dibentuk menjadi minyak esensial, dupa, bunga rampai dan biji warna-warni. Aroma pilihannya beragam rupa, mulai dari green tea, jasmine, kamboja, dan masih banyak lagi. Jenis dupa yang dibakar, dapat menghasilkan aroma yang menenangkan pikiran, sementara minyak esensial hanya dicampur dengan air untuk menghasilkan aroma. Dupa yang dibuat dari serbuk gergaji, menempel pada batang dan direndam dalam campuran aromatik sebelum dikeringkan. Sedangkan biji-bijian yang dikeringkan, kemudian direndam dalam cairan aromatik untuk menghasilkan benih.
Koleksi aromatherapy itu memang ada puluhan jenis, terutama di cairan. Contohnya adalah aromatherapy Lavender yang berguna untuk melemaskan ketegangan syaraf. Usai menghirupnya, bisa merasakan ketenangan yang menyebabkan tidur. Aromanya juga mengontrol emosi jadi tenang, dan mengurangi rasa sakit kepala.

Lalu, ada aroma green tea, yang menciptakan keseimbangan mental. Sedangkan aroma teratai mengatasi kegugupan dan kecemasan. Untuk perawatan tubuh, dapat digunakan pula untuk mandi dari campuran ekstrak herbal. Di antaranya yakni dari mawar, melati, rumput wangi, kayu manis, kapulaga, cengkeh, kunyit putih, hingga umbi kuning.

Disebutkan, untuk menggunakannya di kamar mandi, cukup campurkan dalam satu liter air, dengan ramuan air hangat. Gunakan saat mandi air berendam di dalam bak mandi. Campuran wangi untuk perawatan kulit alami ini pun dapat digunakan untuk bagian intim tubuh.

Selain terapi aroma, pameran ini sendiri juga memajang kerajinan batik dari sutra. Motif dari berbagai kawasan nusantara dikemas dalam busana untuk pria dan wanita. Lalu, ada pula hasil kerajinan untuk interior ruangan, antara lain yang berupa cap lampu dari butiran manik-manik buatan Surabaya, Jatim. "Motif batiknya aneka rupa. Bisa juga digunakan untuk busana pesta," ucap Tisna Yance, pemilik batik Garutan yang ikut tampil di pameran itu. (yer/mg1)

No comments:

Post a Comment