Tuesday, April 5, 2011

Bisnis Online Apa yang Cocok Buat Karyawan ?

Saya dapat ide membuat postingan ini dari teman saya yang juga karyawan sama seperti saya. Awalnya sih seperti ini bro, nih saya kirim kerjaan supaya loe ada kerjaan ngk Online aja? sambil saya tersenyum dalam hati, nih teman belum ngerti.

Mungkin ini juga terjadi ke teman-teman yang berstatus karyawan yang juga berprofesi sebagai blogger pro atau internet marketer. Kali ini saya coba meluruskan persepsi yang SALAH seperti ini bahwa BISNIS ONLINE itu PERLU DITONGKRONGIN.

Saya pernah membahas beberapa model bisnis online di postingan sebelumnya. Ada 4 model bisnis yang pernah saya gelutin kurang lebih 3tahun di bisnis online part time hingga akhirnya mendapatkan yang paling cocok bagi saya adalah yang bisa memberikan penghasilan passive income yaitu menjadi publisher adsense dan affiliate marketing dengan menggunakan metode SEO. Terus terang model bisnis seperti menyediakan jasa dan membuka toko online jika dilakukan sendiri sangat memerlukan waktu yang banyak. Apalagi saya seorang karyawan yang melakukan bisnis online secara part time pasti kewalahan mengatur waktunya.

Oleh karena itulah saya memutuskan untuk menekuni bisnis online adsense dan affiliate marketing yang sifatnya tidak memakan waktu yang banyak dan mendapatkan passive income walaupun tetap bekerja sebagai karyawan. Kedua model bisnis ini tidak memakan waktu kita di kantor karena bisa dilakukan di luar waktu kantor.

Masih bingung?
okelah saya jelaskan lebih detail lagi tentang ke dua model bisnis publisher adsense dan affiliate marketing.

Publisher Adsense
Publisher dalam bahasa indonesianya penayang sementara adsense itu adalah salah satu produk GOOGLE yang membayar iklan yang dipasang oleh seorang publihser ketika iklan diklik. Seorang publihser biasanya perlu  membuat website atau blog untuk menempatkan iklan dan mempromosikan website atau blognya agar mendapatkan pengunjung sehingga potensi iklan yang diklik oleh pengunjung dan mendapatkan komisi dari hasil klik iklan itu.

Study Case
Sekarang coba deh kita sangkut pautkan dengan profesi seorang karyawan perusahaan yang juga seorang publisher adsense. Ia bekerja dari jam 08:00 hingga jam 05:00 sore. Pada malam hari ia membuat website atau blog di malam hari. Setelah blog atau webnya jadi, ia memasang iklan google di blog atau website yang ia buat dan mengoptimasinya dengan teknik SEO atau mengiklankannya. Setelah semua website dan blog sudah ONLINE, karyawan tersebut tinggal memonitor penghasilannya di akun adsense tanpa harus menyentuh website atau blognya di waktu kerja. Di sini blog atau websitenya lah yang bertugas mencari duit bagi karyawan itu bahkan walaupun karyawan itu harus keluar kota berminggu-minggu pun bisnisnya pun tetap jalan.

Nah dari study case di atas sudah cukup jelas bahwah seorang karyawan juga bisa mendapatkan passive income dari model bisnis online ini.

Affiliate Marketing
Mungkin Anda pernah mendengan istilah BROKER atau MAKELAR. Nah Affiliate itu ya seperti itulah. Seorang affiliate tidak perlu memiliki produk sendiri tetapi mendapatkan penghasilan dari hasil menjual produk orang lain. Di dunia internet marketing itu biasa disebut Affiliate marketing. Tugas seorang affiliate marketer itu hanya memilih produk yang ingin dijual dan dari hasi penjualan itulah ia mendapatkan persentasi dari harga produk.

Apa Affiliate marketing bisa PART TIME?
Pasti BISA!!! Coba deh kita bayangkan seorang karyawan yang juga seorang affiliate marketer. Jam 08:00-05:00 sore ia bekerja di kantor. Selepas bekerja ia mulai melakukan research produk yang akan di jual online. Setelah mendapatkan produk tersebut, ia membuat website atau blog dan menulis review tentang produk tersebut dan memasang link affiliate di blog atau websitenya. Setelah website atau blog affiliatenya telah selesai dan review sudah diposting beserta link affiliate dari produk yang ia jual maka waktunya untuk melakukan promosi baik itu mengiklankannya atau mengoptimasinya dengan teknik SEO. Selanjutnya yah website atau blog itu lah yang bekerja untuk memberikan passive income 24 jam 7 hari non stop.

Dari ke dua model bisnis online inilah yang saat ini saya lakukan tanpa mengganggu pekerjaan rutin saya dikantor dan blog-blog sayalah yang memberikan passive income walaupun saya tetap bekerja dari jam 08:00 sapai 05:00 sore bahkan walau saya harus pergi keluar kota, passive income dari blog-blog ini lah yang bekerja untuk saya.

Ok saya ingin simpulkan bahwa postingan ini bukan hanya untuk meluruskan persepsi bahwa bisnis online itu perlu di tongrongin tapi juga membuka peluang teman-teman yang masih berstatus karyawan yang sedang mencari bisnis model apa yang cocok untuk karyawan tanpa harus mengganggu jam kerjanya.

Sumber : di tulis oleh rachimuddin (rachimuddin.com)

No comments:

Post a Comment