Sunday, April 10, 2011

Inilah, Desa Terkaya Di China

Desa Huaxi yang berada di Provinsi Jiansu dinobatkan sebagai desa terkaya di China. Dengan penduduk 36 ribu jiwa, dan setiap warga memiliki kenyamanan yang tak terbayangkan. Setiap keluarga memiliki sedikitnya satu rumah, dua mobil, dan tabungan 250 ribu dollar AS atau sekitar Rp 2 miliar.

Sejumlah pejabat dari penjuru wilayah di China menyempatkan datang ke kota wisata ini untuk mengetahui bagaimana desa yang dulunya sunyi dan berpenduduk hanya 576 jiwa bisa mendadak menjadi kaya.

Desa Huaxi

Tak hanya itu, investor dari luar juga rela mendonasikan perusahaan mereka yang nilainya jutaan dollar hanya agar bisa tinggal di daerah ini. Setelah membeli beberapa helikopter dan menanamkan triliunan rupiah hanya untuk membeli 20 pesawat lainnya.

Setiap orang memiliki rumah mewah, kendaraan mewah seperti Mercedes, BMWs dan Cadillac, serta mendapatkan pakaian gratis, masakan sehat bebas minyak, serta tunjangan kesehatan.

Padahal yang mereka lakukan hanyalah bekerja di perusahaan industri di desa itu. Dan agar membuat warga betah, pemerintah setempat membangun replika menara Eiffel, Gedung Opera Sydney, dan Arc de Triumf.

Lalu apa rahasia kesuksesan mereka itu? Seperti dikemukakan lewat video, Huaxi: Secrets of China’s richest village, pemimpin di desa itu menggabungkan prinsip dasar sosialis komunis dan pasar bebas.
[forum.vivanews.com]

No comments:

Post a Comment