Sunday, May 15, 2011

PENGUNJUNG CANDI BOROBUDUR MENINGKAT EMPAT KALI LIPAT

99RATIZ ONLINE - Gegap gempita perayaan Waisak sudah mulai terasa di sekitar Candi Borobudur. Pengunjung ke candi Budha terbesar di nusantara itu melonjak sejak Sabtu kemarin. Polisi telah mengerahkan ratusan personilnya untuk pengamanan di lokasi.

Menurut General Manager PT. Taman Wisata Borobudur, Pujo Suwarno, kepada VIVAnews, Minggu, 25 Mei 2011, kenaikan jumlah pengunjung pada Sabtu hingga Minggu kemarin mencapai hingga empat kali lipat dibandingkan hari-hari sebelumnya.

Pada hari Sabtu saja, ujar Pujo, pengunjung yang mengunjungi Borobudur mencapai 12.000 orang. Sedangkan pada Minggu pagi, pengunjung menembus angka hingga 10.000 orang. "Jauh berbeda dari hari biasa yang hanya sekitar 3000-4000 orang saja," ujarnya.
Angka ini diperkirakan akan terus bertambah hingga perayaan Waisak pada Selasa, 17 Mei 2011.
Untuk mengamankan lokasi ditambah sebagai persiapan pelaksaan Waisak yang jatuh pada pukul 18.03 pada Selasa, Pujo mengatakan, sebanyak 600 personil kepolisian telah disebar di lokasi. "Jumlah ini juga diperbantukan oleh TNI," ujarnya.
Jumlah ini masih belum final. Karena diperkirakan jumlah pengamanan akan terus ditambah hingga perayaan puncak Waisak Selasa nanti.

Perayaan Waisak telah menjadi budaya tahunan di Candi Borobudur. Prosesi jelang Waisak telah dilakukan di Candi Mendut dengan menyemayamkan api abadi dan air suci tanda perdamaian dunia. Api dan air ini nantinya akan dibawa ke Borobudur pada prosesi perayaan Waisak.
[VIVAnews]

No comments:

Post a Comment