Tuesday, May 17, 2011

PENYANYI AMATIR KALAHKAN LADY GAGA DI YOUTUBE

Lagu ‘Friday’ yang dinyanyikan Rebecca Black mungkin dicemooh sebagai salah satu lagu terburuk yang pernah ada. Tapi nyatanya, Rebecca berhasil mengoleksi pundi-pundi Dolar dari lagu berlirik dangkal ini.  Menurut The Sun, ‘Friday’ berhasil menjadi hits dan mencetak rekor, dengan ditonton lebih dari 30 juta kali di YouTube. Bandingkan dengan lagu ‘Born This Way’ milik Lady GaGa yang ‘hanya’ ditonton sebanyak 10 juta kali di YouTube.

‘Friday’ pun di-download sebanyak dua juta kali dari iTunes. Ini membuat Rebecca memperoleh kas lebih dari £850.000. Jumlah yang tidak mengecewakan, mengingat ibu Rebecca hanya mengeluarkan dana sebesar £1.200 untuk proses rekaman lagu dan pembuatan video klip dari single pertama Rebecca ini.
Video klip itu memperlihatkan Rebecca bergabung dengan teman-temannya di sebuah mobil. Ia bingung, apakah harus duduk di kursi bagian depan atau belakang dari mobil itu.  Beginilah lirik ‘Friday’ yang dinilai tak bermutu oleh kebanyakan orang:

Kickin’ in the front seat / Sittin’ in the back seat / Gotta make my mind up / Which seat can I take / I got this, you got this / Now you know it / Yesterday was Thursday, Thursday / Today is Friday, Friday (Partyin’) / Tomorrow is Saturday / And Sunday comes afterwards.
Lirik itu pun mengundang kritik pedas di jagat maya. “Terus terang saja, aku belajar nama-nama hari dari Rebecca Black. Kalau dia tidak menyanyikan lagu tentang itu, aku tak akan pernah tahu nama-nama hari,” sindir salah satu pendengar, @junhos_butt di akun Twitter-nya.  Kontroversi lirik ‘Friday’ bahkan sempat membuat Rebecca Black menjadi topik terpopuler (trending topic) di twitter.

Berdasarkan perhitungan terakhir, 'Friday' ditonton 33.965.479 kali, sedangkan lagu populer Lady GaGa ditonton 23.224.806 kali.  Meskipun sempat sedih dan kaget karena menjadi bulan-bulanan di dunia maya, Rebecca kini boleh berbangga hati dengan rekor yang berhasil diraih lagunya.  Ia pun mengumumkan bahwa ia akan membuat lagu baru.

Simon Cowell, mantan juri American Idol, mengatakan bahwa kehebohan yang terjadi di seputar ‘Friday’ adalah cara pemasaran yang brilian.  “Saya rasa itu jenius,” kata Eksekutif Sony BMG itu.  Simon mengungkapkan, ia ingin segera bertemu dengan Rebecca.

No comments:

Post a Comment