Thursday, April 21, 2011

7 Cara Menigkatkan Kinerja Otak

"Meningkatkan Kinerja Otak"


Untuk meningkatkan kinerja otak, Dr. Daniel G Amen, penulis buku Making A Good Brain Great Here, memberikan tujuh tip berikut :

1. Tingkatkan Asupan Air.
Ingat, otak kita tersusun atas 80% air. Maka, jika dehidrasi ringan saja dapat meningkatkan produksi hormon stress yang dapat merusak otak kita.

2. Batasi Asupan Kalori.
Penelitian pada hewan dan manusia mengindikasikan bahwa diet dengan kalori terbatas, baik bagi otak dan memperpanjang usia. Makan dalam jumlah sedikit dapat memicu mekanisme tertentu di dalam tubuh untuk meningkatkan produksi nerve growth factors, yang bermanfaar bagi otak.


3. Konsumsilah Ikan.
Konsumsilah ikan, minyak ikan, dan DHA, salah satu bentuk asam lemak OMEGA-3. Penelitian dalam beberapa tahun terakhir menunjukkan bahwa diet yang kaya asam lemak omega-3 membantu meningkatkan keseimbangan emosional dan mood yang sehat, mungkin karena DHA merupakan komponen utama dari sinaps otak.

4. Konsumsilah Makanan Sumber Antioksidan ( Vitamin E dan C ).
Sejumlah penelitian, telah menunjukkan bahwa asupan antioksidan dari buah dan sayur secara signifikan mengurangi penurunan kemampuan kognitif kita.

5. Konsumsi Protein, Lemak Baik, Dan Karbohidrat Dalam Porsi Seimbang.
Karenanya, pada setiap makanan atau kue cobalah untuk mendapatkan protein, karbohidrat, dan lemak dalam keadaan seimbang.

6. Masukkan 24 Bahan Pangan Sehat Dalam Diet Harian Anda.
Bahan-bahan pangan tersebut meliputi : sumber protein (ikan ; salmon, tuna, makerel, unggas, daging merah, sapi, telur, tahu, dan produk olahan kedelai, garbanzo beans, kacang-kacangan).

7. Konsumsilah Camilan Rendah Kalori.
Sebelum membeli kue, lihatlah komposisi dari resep kue camilan tersebut.

No comments:

Post a Comment