Thursday, April 28, 2011

Lomba Cerita Film Berhadiah Ratusan Juta

MINIMNYA film bioskop tentang anak-anak maupun cerita yang mengangkat tema kepahlawanan telah cukup lama menjadi perhatian  kalangan pendidik dan orangtua. Atas kenyataan tersebut, pemerintah melalui Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata menggelar 'Lomba Penulisan Film Cerita Anak-Anak dan Tentang Kepahlawanan'.

Lomba berhadiah ratusan juta rupiah ini terbuka untuk umum dan akan dipilih 10 karya terbaik. "Naskah pemenang lomba ini kelak akan divisualisasikan ke dalam film layar lebar," kata Menbudpar Jero Wacik, di perayaan ke-61 Hari Film Nasional di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Rabu (30/3/2011).
Film anak-anak dan film yang bercerita tentang semangat kepahlawanan adalah jenis film yang diperlukan dalam membangun karakter bangsa. Untuk itu, Kemenbudpar untuk pertamakalinya akan mendukung pembuatan film dengan jenis ini.
Bagi para peserta yang berminat dapat mengikuti syarat lomba antara lain; peserta adalah warga negara Indonesia, berusia 16 tahun keatas, cerita film yang ditulis mengandung nilai budaya dan identitas bangsa, cerita ditulis minimal sebanyak 90 halaman disertai sinopsis, cerita dikirim sebanyak 2 (dua) copy dalam bentuk print out ukuran A4 dilengkapi dengan CD, cerita adalah karya asli yang belum pernah dipublikasikan atau diproduksi.
Kepala Sub Direktorat Produksi Perfilman Budpar yang juga panitia pelaksana lomba, Drs Muhammad Jufry MSc, mengatakan pemenang lomba akan dipilih 3 karya pemenang harapan dan 10 naskah pilihan. "Masing-masing pemenang I mendapat hadiah Rp50 juta, pemenang II mendapat Rp40 Juta, dan pemenang III mendapat Rp30 Juta," kata M Jufry kepada tabloid Kabar Film, kemarin.
Panitia akan menerima naskah peserta mulai 1 April 2011 hingga 30 Juni 2011 (sesuai cap pos). Untuk keterangan lebih lengkap, peminat dapat menghubungi Sekretariat Lomba Penulisan Cerita Film di Gedung Film, Jalan MT Haryono kavling 47-48, Jakarta 12770, telepon (021) 7993629/ fax (021) 7990230, atau email: lombaceritafilm@indonesia.or.id. Informasi dapat menghubungi Nurwan Hadiyono, Purwoko, Indar Sahesti, dan Heri Kusnadi. (tis) - (kabar film)
 
Edisi 25 (16/4/2011)

No comments:

Post a Comment