Thursday, April 28, 2011

Patung Raksasa Firaun Omenhotep III Ditemukan

KAIRO, Para arkeolog menemukan sebuah patung raksasa dari firaun terkenal Mesir, Amenhotep III, di kuil persemayamannya di kota Luxor, selatan Mesir, menurut dinas purbakala pada Selasa (26/4).

Patung setinggi 13 meter tersebut ditemukan terkubur dalam tujuh bagian di kuil persemayaman Amenhotep III di Kom al-Hitan.

Patung itu merupakan salah satu dari dua patung yang ditempatkan di pintu masuk utara kuil dan kemungkinan hancur ketika gempa yang melanda pada tahun 27 SM, menurut pernyataan dinas purbakala.

"Tim arkeolog kini sedang bekerja untuk membersihkan, memulihkan serta mengumpulkan tujuh bagian patung itu. Kepala patung itu juga sedang dicari," tulis pernyataan itu.

Pernyataan itu juga menyebutkan kembaran patung tersebut akan segera ditemukan. Amenhotep III, yang memerintah Mesir antara tahun 1390 hingga 1352 SM, merupakan ayah dari Akhenaten, sang firaun sesat yang dianggap sebagai pendorong ajaran monoteisme karena ia memberlakukan aturan untuk penyembahan tunggal terhadap Dewa Aten. (Ant/OL-2)

No comments:

Post a Comment