Thursday, April 21, 2011

Wanita Rentan Terhadap Ancaman Radikal Bebas

Jika dibandingkan dengan pria, wanita relatif lebih sedikit beraktifitas di luar ruangan. Meski demikian, bukan berarti wanita tidak rentan terhadap kondisi yang dapat memicu timbulnya radikal bebas di dalam tubuh. Apalagi wanita metropolis yang menjalankan pola hidup yang kurang sehat dan banyak menghabiskan waktu di dalam ruangan berpendingin udara, dan tanpa ventilasi yang memadai.

Radikal bebas atau senyawa yang kehilangan elektronnya, dapat muncul dari proses metabolisme tubuh sehari-hari, aktivitas fisik berlebihan, dan respirasi (bernapas). Selain itu dapat juga muncul akibat paparan dengan benda-benda di sekitar kita, seperti dari pendingin ruangan (AC), mesin fotocopy, asap rokok, alkohol, atau makanan yang mengandung bahan pengawet. Tentu bagi wanita pekerja kantoran, faktor resiko ini semakin besar, karena minimal menghabiskan 8 jam sehari dalam ruangan kantor.


Jika radikal bebas terus terakumulasi, bukan tidak mungkin suatu saat akan muncul sebagai penyakit. Dalam jangka panjang akan muncul berbagai penyakit kronis, seperti jantung koroner atau kanker. Sedangkan dalam jangka pendek, sel-sel imunitas akan dirusak, sehingga sistem daya tahan tubuh akan menurun.


Radikal bebas di dalam tubuh dapat dinetralisir dengan antioksidan yang dapat bersumber dari dalam tubuh, seperti superoksida dismutase, glutation peroksidane, dan katalase. Atau berasal dari luar tubuh, seperti asupan vitamin dan mineral. Golongan vitamin A, C, E, mineral Zinc, dan Selenium merupakan antioksidan kuat dan mutlak dibutuhkan oleh tubuh. Kombinasi dari vitamin dan mineral ini dapat menetralisir radikal bebas di dalam tubuh sehingga gangguan kesehatan dapat dikurangi.

Semakin tinggi paparan terhadap radikal bebas, sudah pasti semakin tinggi pula kebutuhan antioksidan di dalam tubuh. Jika Anda termasuk di dalamnya, maka beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegahnya adalah :
• Jagalah pola makan yang bergizi dan sehat (banyak mengandung vitamin C, E, A, Zinc dan Selenium.
• Selalu berolahraga secara rutin dan sesuai kemampuan fisik.
• Istirahatlah yang cukup dan hindarilah stress yang berkepanjangan. (antisipasi)
• Jika perlu, minumlah suplemen antioksidan, untuk mencukupi kebtuhan tubuh per hari

"Semoga info ini bisa menjadi referensi dan bisa bermanfaat untuk para blogger"

No comments:

Post a Comment