Sunday, April 24, 2011

Ingin Sehat, Ubah Gaya Hidupmu

"UBAH GAYA HIDUPMU"



Selain mematuhi diet, sebaiknya Anda juga menjalankan terapi pendukung jika ingin benar-benar mengurangi penderitaan yang disebabkan hipertensi.

Berikut adalah beberapa cara hidup sehat yang digolongkan sebagai terapi perubahan gaya hidup (Life-Style Changes Therapy) :

1. Hentikan Kebiasaan Merokok.
Karena rokok dapat menaikkan tekanan darah, di samping faktor resiko terjadi penyakit jantung koroner. Anda juga tidak dianjurkan mengonsumsi kopi atau minuman penambah energi secara berlebihan. Kafein dapat memicu kerja jantung, dan menaikkan tekanan darah.


2. Kurangi Berat Badan.
Jika Anda merasa terlalu gemuk.

3. Berolahraga Aerobik Yang Tepat Selama 30-45 Menit Per Hari.
Aerobik seperti berenang perlahan, joging, senam ringan, bersepeda, dan dansa merupakan jenis olah raga yang cocok bagi penderita darah tinggi. Yang penting, Anda berkeringat, tidak begitu terengah-engah dan merasa segar sehabis ber-olag raga.

4. Keseimbangan Antara Bekerja, Dan Istirahat Perlu Anda Perhatikan.

Kebiasaan melelahkan, seperti banyak begadang dan lembur tanpa cukup istirahat, dapat menaikkan tekanan darah. Bekerja dan olahraga dalam udara segar, dan lingkungan bersih juga sangat penting, karena udara yang tercemar radikal bebas akan mengganggu pembuluh darah lewat reaksi superoksidasi.

5. Relaksasi Anda Lakukan.
Terapi ini terbukti dapat menurunkan tekanan darah, khususnya pada pasien hipertensi esensial, yang merasa stress dengan hiruk pikuk kota besar.

No comments:

Post a Comment