Tuesday, April 12, 2011

Alasan Kenapa Menara Pisa Miring (Literatur)

Menara pisa, siapa yang tidak tahu akannya, salah satu obyek wisata dan termasuk dalam 10 keajaiban dunia di Italia ini yang posisinya lain dari bangunan lain (miring). Kemiringan ini ternyata akibat dari salah bikin atau salah buat. Dan lebih dari itu, ternyata masa pembangunannya memakan waktu lebih dari seabad lamanya.

Menara pisa ini di bangun dalam tiga tahap. Tahap pertama di mulai pada tahun 1178, yang berhasil menyelesaikan hingga tingkat tiga. Pekerjaan sempat di hentikan karena pada tahun kelima, menara sudah mulai miring menghadap ke arah selatan. Pekerjaan pembangunan menara di hentikan hingga kira - kira selama 100 tahun, dan sebelum tahun 1272, tinggi menara ditambah menjadi 4 tingkat dengan arah yang berlawanan dengan harapan menara dapat tegak kembali seperti rancangan yang sebenarnya.
Namun pembangunan itu di hentikan lagi, karena tanah yang ada di sekitar area bangunan menara tidak stabil, hingga akhirnya pembangunan dilanjutkan pada tahun 1360 - atau 80 tahun kemudian. Pada pembangunan terakhir ini di bangun ruang lonceng pada puncak menara, dan menara pisa mendapatkan bentuknya seperti apa yang sekarang kita kenal dan lihat.

Mungkinkah menara pisa bisa di tegakkan? Mungkin saja, Namun berdasarkan pengamatan para ilmuwan, sekalipun menara pisa di tegakkan, bagian-bagian dalam menara tetap akan melengkung akibat terlalu banyak koreksi yang dilakukan sejak pembangunannya ratusan tahun yang lampau.

No comments:

Post a Comment