Friday, April 1, 2011

Nenek Bikin Anak Perempuan Panjang Umur

Ingin anak perempuan Anda panjang umur? Biarkan mereka tinggal bersama dengan neneknya dari pihak ayah. Menurut penelitian di Cambridge University, Inggris, hal itu akan cenderung memperpanjang harapan hidup mereka.

Tapi, dalam kasus cucu lelaki, tinggal bersama nenek dari pihak ayah justru bukanlah ide baik.

Molly Fox dari Cambridge University dan timnya menganalisa data kelahiran dan kematian dari tujuh populasi di Asia, Amerika Selatan, Eropa, dan Afrika yang tinggal di periode berbeda hingga kembali ke abad ke-17.

Dalam studi tersebut, mereka mengamati kasus kematian bayi dalam tiga tahun pertama kehidupan. Peneliti menemukan adanya perbedaan pada bayi perempuan dan laki-laki, tergantung pada apakah nenek dari pihak ayah atau ibu yang hadir pada awal kehidupan mereka.
"Kehadiran nenek dari pihak ayah di semua tujuh populasi memiliki efek buruk pada cucu lelaki, karena kehadiran mereka dikaitkan dengan peningkatan mortalitas (angka kematian)," kata Fox seperti dikutip dari Times of India.

Sementara itu enam dari tujuh populasi, menunjukan bahwa kehadiran nenek dari pihak ayah pada awal kehidupan bayi wanita, memiliki efek menguntungkan dalam hal mengurangi risiko kematian. “Inilah perbedaan antara cucu perempuan dan cucu laki-laki," katanya.

Penelitian ini hanya melihat tingkat kematian pada bayi dan menurut Fox, mekanisme ini masih misterius. Hasil penelitian yang dipublikasi dalam Proceedings of the Royal Society B ini bisa membantu menjelaskan evolusi panjang umur perempuan yaitu: nenek tinggal bersama anaknya untuk membantu menjaga cucu mereka. • VIVAnews

No comments:

Post a Comment