Friday, April 1, 2011

Suara Burung Bantu Percepat Kesembuhan Anak

Saat datang ke klinik kesehatan, acapkali anak-anak ketakutan ketika akan disuntik dokter. Kalau sudah begini, tentu Anda juga panik, bukan. Tetapi, tenang saja. Ada terapi sederhana untuk membuat si kecil tenang. Coba, perdengarkan suara kicauan burung kepadanya.

Cara ini terbukti ampuh untuk membuat putera-puteri Anda tidak takut lagi saat akan diberi perawatan kesehatan. Metode ini telah diujicoba di Rumah Sakit Alder Hey, Liverpool, Inggris, oleh tim dari The Foundation for Art and Creative Technology (FACT).

Di rumah sakit tersebut, selalu diputarkan suara kicauan burung yang bisa didengarkan oleh semua pasien dan pengunjung. Peneliti menemukan, suara burung berpengaruh positif pada pasien, khususnya anak-anak. Mereka menjadi tidak terlalu takut saat dokter memberikan proses penanganan kesehatan.

Peneliti memperkirakan kicauan burung memiliki efek menenangkan pada area otak tertentu termasuk menstabilkan emosi. Selain itu, bisa mengalihkan perhatian pasien dari perawatan medis yang sedang dilakukan sehingga mereka tidak terlalu takut.
Mendengarkan suara kicauan burung juga dapat mengurangi rasa sakit dan membantu pasien  pulih lebih cepat setelah perawatan. Proyek memperdengarkan suara kicauan burung di rumah sakit ini dilakukan oleh Chris Watson, ahli perekam suara bersama dengan David Attenborough, ahli suara natural BBC.

"Kami telah melihat manfaat nyata pada pasien dengan membawa suara alam ke rumah sakit. Di bangsal anak-anak para terapis menggunakan suara kicauan burung sebagai pengalih perhatian dan efek tenang pada anak-anak sebelum mereka menjalani operasi," kata Laura Sillers, Artistic Programme Director FACT, seperti dikutip dari Times Of India.

"Kami juga telah memasang alat pemutar di koridor dan memperbanyak CD yang berisi suara kicauan burung untuk para pasien sehingga mereka bisa mendengarkannya di rumah," katanya.

No comments:

Post a Comment