Sunday, April 17, 2011

Tarian Jalanan Lintas Negara

Breakdancer, breaker, b-boy atau b-girl adalah orang yang memainkan gerakan breakdance. Ini suatu gaya tarian jalanan.

Konon, breakdance dimulai oleh golongan muda di sebuah gang jalanan. Asal mula breakdance juga dari tarian bela diri Brasil yaitu capoeira. Sekarang, budaya breakdance menjadi sebuah disiplin yang baru di antara penari dan atlet.

Budaya breakdance sekarang bebas dipelajari oleh ras, jenis kelamin, umur berapa saja, dan diterima secara mendunia. Pada umumnya, tarian ini diiringi lagu hip hop, rap, atau lagu remix (lagu yang diaransemen ulang).

Jika dilihat lebih jauh, jenis tarian ini telah lahir jauh sebelum Michael Jackson tampil dalam pertunjukan yang menghebohkan dengan robot dance-nya pada 1974.

Sang legenda musik funk, James Brown, telah menunjukkan sebuah tarian yang sedikit banyak juga memiliki gerakan yang mirip dengan breakdance.

Ada beberapa akademisi yang tertarik apakah breakdance atau tarian jalanan lainnya, bisa disebut sebagai tarian rakyat. Pada 1980, dengan bantuan budaya pop dan MTV, breakdance dibawa dari Amerika menuju bagian dunia yang lain sebagai fenomena budaya yang baru.

Pada akhir 1980, mulai banyak kompetisi breakdance yang resmi bermunculan dan Battle Of Th e Year merupakan salah satu kompetisi yang sangat berkelas.

Kehadiran kompetisi ini langsung diikuti dengan berbagai kompetisi lainnya yang secara tidak langsung mengangkat kelas jenis tarian ini. Breakdance juga dibuat pada dokumenter fi lm Th e Freshest Kids: A History of the B-Boy. Film ini merekam budaya, asal, perubahan, dan gaya-gaya breakdance yang diiringi musik hip hop. 

No comments:

Post a Comment