Wednesday, May 25, 2011

DUA POLISI TEWAS DIBERONDONG PERAMPOK BANK BCA

Dua anggota polisi tewas dalam aksi baku tembak antara polisi dan sekawanan perampok yang berusaha menyatroni Bank BCA Cabang Palu, Sulawesi Tengah, Rabu, 25 Mei 2011. “Ada satu orang lainnya yang dirawat karena kondisinya kritis,” ujar Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Sulawesi Tengah, AKBP Sumarno, Rabu, 25 Mei 2011.

Peristiwa terjadi sekitar pukul 10.15 WITA saat dua orang pemuda yang mengendarai sepeda motor memasuki kantor Bank BCA yang berada di Jalan Emy Saelan, atau tiga ratus meter dari Kompi 711 TNI, Raksatama, Palu. Aksi itu mulanya sempat dideteksi petugas kepolisian yang meminta pelaku meletakkan senjata.

“Tapi, perintah tersebut malah dibalas tembakan,” ujar Sumarno. Tembakan melukai Brigadir Dua Irbar Prawiro dan Brigadir Dua Yudhistira Pranata Putra dan Brigadir Dua Dedi Edwar. Namun, sayang, nyawa Irbar dan Yanuar gagal diselamatkan. Keduanya mengembuskan napas terakhir saat akan dibawa ke RS Bhayangkara.

Yudistira tewas dengan luka tembak di bagian dada, lambung, dan leher. Sementara Bripda Irbar terkena tembakan di bagian bokong. Luka di bagian yang sama juga dialami Dedi Edwar. Namun, tembakan tersebut tidak sampai mengakibatkan kematian baginya. ”Kondisinya kritis dan masih dirawat di RSUD Undata, Palu,” kata Sumarno.

Menurut Sumarno, penembakan dilakukan dengan menggunakan senapan otomatis laras panjang. Itu ditandai dengan banyaknya peluru yang terserak di jalanan. Berdasarkan keterangan saksi mata, para pelaku berhasil meloloskan diri dengan dikawal satu unit mobil. “Saat ini kami masih meminta keterangan dari sejumlah saksi,” ujarnya.

Aksi perampokan tersebut sempat menyita perhatian warga sekitar. Mereka berkerumun ingin mengetahui peristiwa tersebut. Guna keperluan penyidikan, petugas telah memasang garis polisi yang memaksa sejumlah kendaraan melintas di jalur lain. Adapun layanan Bank BCA di kantor tersebut terpaksa dihentikan.
SUMBER

No comments:

Post a Comment