Wednesday, May 25, 2011

IDENTITAS LUKISAN MONALISA AKAN TERUNGKAP

ITALIA - Rahasia identitas diri model lukisan kenamaan karya Leonardo Da Vinci yang sangat terkenal, Mona Lisa, akan terungkap.

Tim peneliti Italia yang sejak beberapa waktu lalu melakukan penelitian di makam Lisa Gherardini Del Giocondo, seseorang yang diduga model dalam lukisan tersebut, kini mengklaim bahwa mereka telah berhasil mendapatkan kerangka tulang dari wanita tersebut, demikian lansir Dailymail, Jumat (20/5/2011).

Tim peneliti mengatakan tengkorak itu ditemukan di kedalaman 1,5 meter di bawah lantai biara, bersama dengan fragmen lain dari tulang rusuk manusia dan tulang belakang.

Sekarang para ilmuwan akan membandingkan DNA kerangka tulang tersebut dengan DNA dua anak Lisa Gherardini yang dikuburkan di dekatnya untuk membuktikan kebenaran temuan secara autentik.

Jika para peneliti dapat mengkonfirmasi tengkorak milik model, seniman forensik kemudian akan mencoba untuk merekonstruksi wajahnya untuk melihat perbandingannya dengan versi lukisan yang dibuat 500 tahun lalu dilukis oleh Da Vinci dan kelak diharapkan dapat menjadi solusi dari pemecahan teka-teki senyuman misterius tersebut.

Seorang arkeolog, Silvano Vinceti, yang bertanggung jawab atas penggalian, menjelaskan, "Kami belum tahu apakah tulang ini milik sebuah kerangka tunggal atau lebih dari satu.
"Tapi ini menegaskan hipotesis kami bahwa di Biara St.Ursula masih ada tulang manusia dan kita tidak bisa mengelakkan bahwa di antara mereka adalah tulang milik Lisa Gherardini, karena sebelumnya kami sudah melakukan pendeteksian menggunakan sebuah radar," ujarnya.

http://international.okezone.com/read/2011/05/20/214/459103/identitas-mona-lisa-akan-terungkap 

No comments:

Post a Comment