Monday, May 23, 2011

KOLEKSI SURAT PERMOHONAN CUTI ADOLF HITLER DILELANG

Sebuah surat permohonan cuti yang diketik langsung oleh diktator Perang Dunia II, Adolf Hitler, akan dilelang di Inggris. Secarik kertas ini diduga akan laku dijual kepada kolektor hingga angka puluhan juta rupiah.


Dilansir laman The Guardian, Senin, 23 Mei 2011, Hitler mengetik surat tersebut pada 1 Maret 1932, selang beberapa hari setelah dia mendapatkan kewarganegaraan Jerman. Dalam surat yang terdapat beberapa kesalahan ketik itu, Hitler mengajukan permohonan cuti untuk mencalonkan diri sebagai presiden pada 1932.
Pada surat tersebut tertulis, "Dengan ini saya mengajukan permohonan absen sampai pemilihan presiden kekaisaran Jerman berikutnya selesai. Hormat saya, Adolf Hitler."


Surat ini ditulis oleh lelaki kelahiran Austria ini kepada atasannya di Brunswick. Pekerjaannya sebagai pegawai administrasi kecil di perusahaan ini hanya untuk mendapatkan status kewarganegaraan Jerman. Setelah mendapatkan status ini, kemudian karir politiknya merangkak, berkat kepiawaiannya berpidato.

Hitler kalah dalam pemilihan melawan Paul von Hindenburg, namun tahun berikutnya dia berhasil menjadi kanselir.

Richard Westwood-Brookes, dari rumah lelang Mullock mengatakan bahwa surat ini dijual dengan harga awal 5.000 poundsterling atau sekitar Rp69 juta.

"Ini adalah benda yang sangat langka dan bersejarah dan sangat penting bagi kisah kebangkitan Hitler dan Nazisme. Walaupun dia kalah dalam pemilihan tersebut, dia menang dalam pemilihan selanjutnya dan sejarah mencatat kemenangannya yang lain," ujar Brookes.
[VivaNews.com]

No comments:

Post a Comment