Wednesday, May 18, 2011

MEMILIH ROUTER YANG TEPAT DAN BENAR

Saat ini ada dua pilihan router yang umum tersedia di pasaran yaitu tipe wireless-G dan wireless-N. Akan tetapi, memilih router yang tepat untuk jaringan rumah bisa sangat membingungkan.

Pada dasarnya, ada dua jenis router, wired (yang menggunakan kabel) dan wireless (tanpa kabel). Wireless router mampu melakukan semua yang dapat dilakukan oleh wired router dengan biaya yang sama dan lebih fleksibel.

Wireless router menggunakan gelombang radio untuk berkomunikasi, sama halnya dengan telepon selular dan perangkat dua arah lainnya. Dengan wireless router, Anda dapat menghubungkan komputer, printer, dan perangkat lain di rumah tanpa perlu menggunakan kabel. Wireless router juga dapat berfungsi seperti wired router. Anda bisa langsung terhubung dengan sampai empat perangkat, sembari tetap terhubung secara nirkabel dengan perangkat lainnya.
Sekarang, sebelum Anda membeli wireless router, Anda perlu tahu beberapa hal. Yang paling penting adalah bagaimana Anda akan memfungsikan jaringan rumah Anda. Apakah Anda akan menggunakannya untuk menjelajah internet? Berbagi foto dan memeriksa email? Atau Anda ingin streaming video dan film? Atau bermain video game? Apakah mencetak dokumen secara nirkabel dan membackup komputer penting bagi Anda? Tentu Saja! Dan jangan lupa berpikir untuk ke depannya nanti. Mungkin sekarang Anda hanya perlu untuk memeriksa email, tapi mungkin suatu hari nanti Anda dan anggota keluarga lainnya ingin mengunduh film dari internet atau bermain video game secara online.

Berikutnya, apa saja yang ingin Anda hubungkan ke jaringan Anda? Anda mungkin memiliki beberapa komputer atau sebuah printer nirkabel dan mungkin sebuah kamera nirkabel. Bagaimana dengan perangkat storage? Mungkin Anda punya media center extender agar Anda dapat menyaksikan video internet di TV atau perangkat home theatre Anda.

Anda juga perlu mempertimbangkan konstruksi bangunan rumah. Kebanyakan tipe bahan bangunan tidak akan mengganggu sinyal wireless router Anda. Beberapa bahan bangunan lain seperti batu bata, beton, dan metal dapat mengurangi kekuatan sinyal dan mengakibatkan “dead spot,” seperti yang dialami oleh telepon selular.

Sekarang Anda sudah siap untuk menentukan wireless router yang tepat untuk Anda. Router wireless-G cocok untuk jaringan dasar di rumah atau apartemen yang kecil, seperti berbagi koneksi internet, memeriksa email, atau berbagi sebuah pinter untuk beberapa komputer.

Tetapi untuk rumah yang lebih besar, dengan lebih banyak pengguna dan aktivitas yang menggunakan internet, penggunaan router wireless-N lebih tepat. Router wireless-N menawarkan kecepatan dan jangkauan yang lebih baik daripada wireless-G serta mengurangi “dead spot.” Router wireless-N backward compatible dengan wireless-G. Jadi Anda tetap dapat terhubung dengan perangkat nirkabel lain dengan kecepatan yang maksimal, contohnya, kamera atau printer wireless-G.

No comments:

Post a Comment